Hijrah Dari Masa Lalu

 ya Allah kok dulu saya begitu ya


          Penyesalan pasti akan dialami oleh setiap orang setelah hijrah termasuk saya. Bukan bermaksud mengungkit masa lalu hanya ingin share, saya dulu musikers band tiap hari kalo nggak dengar dan main musik dunia terasa hampa, nauzubillah. Nge-band isi acara sana-sini buang buang duit, buang waktu dan seabrek kerugian lainnya. sukanya sama anak punk, baju hitam kendor kendor, rambut botak samping, astaghfirullah. 


         Sering berbuat dosa dan keduniawian itulah saya dulu, ikut pengajian juga akan tetapi hidayah belum menempel pada hati saya, sempat terlintas ingin bertaubat tapi dalam hati selalu menunda dan menunda. Sampai suatu ketika ada seorang akhwat memperingati saya akan kesalahan saya, disitu saya berfikir bener juga apa yang saya lakukan ini adalah dosa besar. 


          Saya di sekolah sering membawa laptop kemana mana bawa laptop, buat apa??? cari WiFi gratis. Maklumlah anak kos hemat uang kuota. Sering saya duduk di depan perpustakaan sampai jam 6 sore selepas pulang sekolah, entah mengerjakan tugas atau nonton acara acara band musik pada saat itu. Disaat saya asik scroll scroll di YouTube nggak sengaja saya lihat video ustadz yang sangat pintar luar biasa saya sangat tertarik mendengar kajiannya kemudian saya download saya lihat, saya denger tuh ceramahnya lama kelamaan kok adem ya rasanya masyaallah sungguh menyentuh hati saya, subhanallah.


         Tadi kan di laptop kemudian langsung saya download di hp saya ceramah ceramah pendek ustadz ustadz di youtube dan anda tau apa yang terjadi??? tidak ada satu video di penyimpanan YouTube saya kecuali hanya ceramah ceramah pada saat itu. Saya dengerin sampai berulang ulang subhanallah nikmat sekali daripada harus dengerin musik yang nggak penting. Seketika hilang kecintaan saya terhadap musik meskipun pernah sesekali tergoda oleh teman saya yang bawa gitar. Ketika itu saya ditawari main, dalam hati saya subhanallah, saya berusaha untuk tidak memainkannya bergolak antara kebaikan dan keburukan dalam hati saya, akhirnya saya menuruti permintaan teman teman saya. Beberapa waktu kemudian saya menyesal dalam hati saya coba saja kalau saya tidak memainkannya. Memang dalam hijrah tidak bisa langsung baik akan tetapi ketika berbuat salah menuntut kita untuk menyadari kalo barusan yang kita buat itu salah dan segera beristighfar memohon ampun kepada Allah SWT.


          Pernah saya masuk grup teman saya di kos. isi nya bahas macem macem yang nggak penting seketika ada salah seorang teman saya men-share tulisan dimana bercerita tentang akhir zaman. Saya baca baca lama kelamaan kok merinding, subhanallah ketakutan yang saya rasakan saat itu. Mulailah saya bertekad untuk memperbaiki diri meninggalkan yang haram dan hanya mengerjakan yang diperintahkan Allah saja. Tiap hari saya terbayang-bayang dengan tulisan yang di share oleh teman saya. Pastinya ada waktu dimana iman saya turun entah dari mana ada yang nge-share tulisan akhir zaman dari teman yang lain. Segera saya bertaubat kembali dan memperbaiki diri mungkin Allah menghendaki saya menjadi baik dan berhijrah secara kaffah. Semakin berhati-hati ketika menjalankan aktivitas sehari-hari setiap ingin berbuat dosa pasti inget hari akhir.


         Semakin hari saya mencoba meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Bertekad menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat, mendengarkan musik, bicara yang tidak bermanfaat serasa perang dengan diri sendiri untuk menuruti hawa nafsu. Akhirnya semakin hari semakin sadar bahwa yang saya lakukan selama ini salah seperti keluar dari kejahilan saya. Semakin mendekatkan diri kepada Allah sempat sesekali berfikir "ya Allah kok dulu saya begitu ya", seakan akan dunia dibuka bagi saya, saya merasa lebih tenang memandang dunia dengan mata hati yang terdapat di dalamnya cahaya keimanan, masyaallah. 


        Alhamdulillah teman teman, sekarang saya telah menemukan titik terang dalam kehidupan saya, mudah mudahan diberi Istiqomah saya dalam menjalankannya dan dijaga keimanan saya sampai garis finish disaat ajal menjemput


         Maksud saya bukan untuk menggurui, namun mudah-mudahan dengan tulisan sedikit ini dapat memberikan kemudahan teman teman yang sedang mencari hidayah, berhijrah, dan  istiqomah. Sekian


Terimakasih


Comments

Popular posts from this blog

Motivasi Hijrah Bagi Pemuda